Jaguar Menghidupkan Kembali Legenda Tahun 1957 si Manis XKSS Supercar

Mobil super baru milik Jaguar sudah ada di dalam pengerjaan selama 60 tahun. Jangan mengharapkan transmisi triptonic, ABS atau bahkan jendela elektrik. Bukan hanya kesan klasik, XKSS mempunyai fitur fitur klasik yang akan dihidupkan kembali dalam desainnya.

Sebernarnya, mobil ini bisa disebut “Continuation Car”, yaitu merupakan suatu replika khusus untuk mobil yang telah berhenti diproduksi akan tetapi dihidupkan kembali dengan desain originalnya dan metode pengerjaan sesuai masanya, seperti Superperformance MKII Slab Side Cobra atau Lightweight Tipe E milik Jaguar sendiri)

XKSS aslinya diperuntukan untuk pasaran Amerika Serikat sebagai tipe road legal sebuah mobil pemenang Le-Mans tahun 1954, yaitu Type-D, akan tetapi, pabrik Browns Lane milik Jaguar hangus terbakar pada tahun 1957. Alhasil, hanya 16 mobil yang diproduksi dari total 25 produksi yang direncanakan.

Maka tidak mengherankan jika mobil  itu memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Steve Mcqueen memiliki XKSS yang diperkiraan memiliki nilai jual 30 juta Dollar AS.

Model XKSS yang baru dipublikasikan pada hari Rabu saat pameran mobil di Los Angeles. sebuah prototipe sebuah produk yang menghabiskan waktu 18 bulan untuk riset serta produksinya. Prototipe tersebut akan digunakan sebagai cetak biru untuk sembilan mobil yuang akan dibangun Jaguar sebagaimobil koleksi yang akan mulai diproduksi tahun 2017 ini. jaguar-xkss-1.jpg

Menurut manager keinsinyuran untuk Jaguar Classic, Kev Riches, sebuah cabang perusahaan yang memfokuskan pada pemugaran dan perawatan jaguar jaguar klasik, proyek XKSS ini adalah tentang penggantian 9 mobil yang hangus terbakar di pabrik Browns Lane.

“Bagi saya, semua ini hampir hanya untuk membuat kembali sebuah karya seni.” tutur Kev, “Menjadi pecinta kendaraan bermotor, semuanya hanyalah tentang membuat mobil yang otentis dan mencoba membuat mobil mobil seakurat mungkin dengan mobil dibuat pada periode tersebut.”

Tim di Jaguar Classic menggunakan gambaran original dari arsip perusahaan dan menambahnya dengan teknologi modern, seperti melakukan scan terhadap mobil untuk membuat model 3 dimensi untuk membantu pembuatan mobil tersebut dengan teknik jadul, benar benar menggunakan teknil yang digunakan pada tahun 1950an akhir.

Panel besi dan aluminium di roll di Inggris secara manual seperti pembuatan pada tahun 1950an. Bahkan beberapa baut harus dibuat ulang karena tidak bisa lagi ditemukan di pasaran.

“Ini semua adalah tentang membuat sebuah mobil yang sempurna terhadap spesifikasi pada zamannya, dengan cara yang sesuai dengan zamannya.” ujar Riches.

Di bawah kapnya, XKSS mempunyai mesin Straight Six dengan kapasitas 3,4 iter dengan tenaga 262hp. Pihak perusahaan mengutarakan bahwa semua dari kayu di stir mobil hingga kulit pada kursinya, bahkan hingga brasso pada dashboardnya akan dibuat serupa dengan bagaimana mobil itu terlihat saat dipasarkan pada tahun 1950an, dengan modifikasi modifikasi kecil diterapkan untuk memenuhi standar keamanan modern yang sesuai dengan abad ke 21.new-original-1957-jaguar-xkss-placement-626x382

Kesembilan mobil tersebut langsung terjual bahkan sebelum keluar dari proses produksi. Menurut estimasi Riches, satu mobil telah dijual dengan harga sekitar $1,5 juta.

The nine cars due to be built sold out almost immediately to a selection of international buyers. Riches estimates each model to have sold for around $1.5 million.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s