Bumi Memiliki “Benua” Baru, “Zealandia”

Saat Sekolah Dasar, kita diberitahu bahwa di bumi, ada 7 benua yakni Afrika, Antartika, Asia, Australia, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Akan tetapi, studi baru baru ini menunjukan bahwa kita harus menambah satu benua lagi ke dalam daftar itu.

Dan benua baru ini disebut Zealandia, yang 94 persen terendam atau berada di bawah air. Itulah mengapa ahli ahli geologis untuk mengidentifikasi benua baru ini. Bagian 6 persen yang tidak terendam air terdiri dari Selandia Baru dan Caledonia Baru, menurut data yang disajikan dari studi yang dilakukan oleh GSA (Geological Society of America) Today.

Zealandia memiliki luas lebih dari 2 juta mil persegi, sedikit lebih besar dari India. Walaupun 94 persen Zealandia telah diketahui oleh komunitas ilmuwan sejak beberapa waktu lalu, baru 2 dekade ini para periset mengakumulasi data dan observasi yang cukup untuk mengklasifikasikan Zealandia sebagai benua kedelapan.

zealandia

Pada tahun 1995, Bruce Luyendyk, ahli geologi yang mengajar pada University of California Santa Barbara, mengutarakan istilah “Zealandia” untuk mendiskripsikan Selandia Baru, Caledonia Baru dan 94 persen bagiannya yang terendam di dalam air sebagai bagian yang terpisah dari benua super, Gondwana.

“I wanted to just lump all of these masses together. It was really just a convenient way to refer to this area.” ujar Luyendyk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s