Irak Luncurkan Serangan ke Pertahanan Terakhir ISIS di Mosul

Jakarta – Militer Irak mengakhiri ambisis ISIS untuk menguasai wilayah Irak dengan cara melancarkan serangan darat ke sisa benteng ISIS di sisi barat Mosul.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi memberitahukan kepada semua orang bahwa dimulainya serangan itu dan meminta militer Irak untuk tetap menghormati hak asasi manusia selama peperangan. Ia  juga meminta Irak untuk mengurus pengungsian warga sipil yang terkena dampak dari peperangan tersebut.
Pengepungan ini dibantu oleh 650 ribu warga sipil di barat kota Mosul. Hal itu setelah mereka diserang keluar dari sisi timur kota Mosul pada fase serangan pertama yang terjadi sekitar satu bulan yang lalu.
Badan HAM PBB, Lise Grande memperkirakan hingga 400 ribu warga sipil yang berhasil diungsikan mengalami kekurangan bahan makanan, selain itu pasar disekitar lokasi pengungsian juga tutup.
1615156Tentara-Irak-menuju-Mosul780x390.jpg
saat ini polisi federal Irak sedang menuju ke sisi utara kota Mosul yang terletak di sebelah barat Sungai Tigris. Mereka sedang bekerja keras untuk merebut kembali bandar undara Mosul. Para Polisi Irak maju hingga ke lembah Sungai Tigris menuju bandara, selain itu mereka juga memotong jalan ke arah barat daya.
“Mosul akan menjadi pertempuran yang sulit bagi semua tentara di seluruh dunia,” kata Komandan militer Amerika Serikat, Letjen Stephen Townsend.
ISIS sudah meningkatkan serangan mereka sebagai balasan atas serangan militer yang menarik mundur pasukan mereka. Sudah selama setahun, ISIS dipaksa keluar dari kota-kota di Irak.
tVLApNqyQo.jpg
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s