Malaysia Memperketat Penjagaan di Sekitar Kamar Jenazah Kim Jong-Nam

Pengamanan yang dilakukan di sekitar kamar jenazah Kim Jong-Nam, yang merupakan kaka tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, diperketat dengan munculnya kabar bahwa keluarga Kim akan datang ke Kuala Lumpur. 

Polisi bersenjata lengkap tampak menjaga ketat di kamar jenazah Rumah Sakit Kuala Lumpur, Selasa (21/02/2017). Kedatangan polisi bersenjata lengkap tersebut disusul sejumlah kendaraan.

Hal ini terjadi karena adanya kabar bahwa putra mendiang Kim Jong-Nam, yakni Kim Han-sol tiba di Kuala Lumpur untuk mengambil jenazah ayahnya. Kehadiran anak mendiang Kim Jong-Nam diperluikan karena pihak forensik Malaysia membutuhkan sampel DNA untuk memastikan identitas Kim Jong-Nam sebelum diserahkan kepada Korea Utara.390636-kim-han-sol.jpg

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi bahwa Kim Han-sol benar benar di Malaysia. Namun, kabar simpang siur bahwa Han-sol tiba di Kuala Lumpur dari Makau pada hari Senin (20/02/2017) waktu setempat.

Kasus dugaan pembunuhan Kim Jong-Nam mempengaruhi hubungan diplomasi Malaysia dengan Korea Utara. Pihak Malaysia merasa “dihina” oleh komentar yang dilontarkan oleh Duta Besar Korea Utara, Kang Chol, yang menuduh Malaysia berkolusi atau bekerjasama dengan pihak-pihak yang bermusuhan dengan Korea Utara dan memiliki sesuatu yang disembunyikan.Komentar itu datang setelah Malaysia menolak mengembalikan jenazah Kim Jong-Nam tanpa melakukan autopsi.

Saat ini, pihak kepolisian Malaysia telah menangkap seorang tersangka asal Korea Utara, yakni Ri Jong-chol, dan empat pria lainnya yang amat mungkin telah bertolak ke luar negeri. Pihak berwenang juga telah menangkap dua wanita, warga negara Indonesia dan Vietnam.

Siti Aisyah, perempuan RI yang ditangkap, kini masih dalam tahanan kepolisian Malaysia dan belum bisa ditemui pihak Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s